Tutorial produk digital internet marketing terbaru

Produk digital internet marketing terbaru, informasi mengenai kumpulan daftar produk-produk digital berkualitas meliputi produk digital internet marketing, tutorial, bisnis online, video, software, tool internet marketing, sosial media marketing dll… di Indonesia dengan harga terjangkau.
Oke sebelum melangkah lebih lanjut Apasih produk digital itu?.. menurut Wikipedia bahasa Indonesia Produk digital atau e-produk adalah produk dengan wujud bukan fisik atau biasanya berbentuk elektronik yang biasanya diperjual-belikan secara online melalui media internet. Produk digital disimpan, dikirim dan dipergunakan dalam format elektronik serta bentuk jual-belinya melalui pemasaran digital. Produk digital biasanya dikirimkan ke pembeli melalui media e-mail atau digital download secara online dan bentuk penawaran biasanya dalam format katalog digital. Beberapa contoh dari produk digital yang banyak diperjual-belikan melalui internet adalah e-book (buku elektronik), Kindle, unduhan musik, MP4, huruf komputer, aplikasi, perangkat lunak, game online, tiket elektronik dan masih banyak lagi. Produk digital saat ini perkembangannya semakin pesat seiring dengan efisiensi dan kepraktisannya bagi konsumen. Misalnya, e-book bisa menggantikan buku konvensional yang masih menggunakan bahan kertas untuk memproduksinya dimana bahan dari kertas adalah kayu yang diambil dari pohon-pohon di muka bumi yang dalam jangka panjang akan membuat pohon-pohon semakin habis yang pada akhirnya akan semakin memicu pemanasan global.
Produk Digital Internet MarketingSudah bukan rahasia lagi kalau saat ini perkembangan pengguna internet khususnya di Indonesia sudah sangat signifikan sekali dari tahun ke tahun. Internet menjadi pilihan belanja yang lebih efisien dan efektif bagi konsumer internet Indonesia. Apalagi dengan kesibukan, kemacetan dan hal-hal lainnya yang begitu menyita waktu, belanja di internet merupakan solusi yang sangat membantu bagi mereka. Saat ini memang yang paling populer adalah belanja produk fisik misalnya fashion yang sudah sangat merajalela di pasar online. Namun, ada jenis produk yang mungkin belum banyak diketahui khalayak umum dimana produk ini akan semakin booming seiring perkembangan jaman. Ya, produk digital.

Jenis Produk Digital

Beberapa jenis produk digital yang umum adalah aplikasi, buku elektronik, perangkat lunak, unduhan musik dan MP4. Produk digital inilah yang biasanya diburu oleh pengguna internet karena kepraktisannya dalam membeli dan menerima produknya dibandingkan harus ke toko konvensional. Selain itu, juga karena memang bentuk aslinya adalah berupa digital sehingga memang jarang toko konvensional yang memperjual-belikannya.

Produk Digital Aplikasi

Produk digital Aplikasi atau apps saat ini begitu populer keberadaannya seiring dengan kemajuan perangkat elektronik seperti smartphone. Aplikasi yang umum digunakan oleh pengguna smartphone adalah Play Store dan App Store.

Produk Digital Buku Elektronik

Produk digital Buku elektronik atau eBook saat ini juga semakin populer dan menggantikan keberadaan buku konvensional dikarenakan mudah dibawa dan bisa dibaca kapanpun menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone atau Kindle. Salah satu buku elektronik yang populer adalah Kindle yang disediakan oleh Amazon Kindle.

Produk Digital Musik

Produk Digital Musik adalah bentuk lain daripada produk digital yang diperdagangkan setiap harinya. Sangat populer melalui iTunes Store dan marketplace lain yang bisa diakses secara online sangat memudahkan akses untuk membelinya secara resmi. Biasanya dalam format MP3.

Produk Digital Video Tutorial

Produk Digital Video juga diperjual-belikan secara digital melalui media internet baik itu melalui langganan ataupun bentuk download.

Bisnis Jual Beli Produk Digital di Internet

Sudah bukan rahasia lagi kalau saat ini perkembangan pengguna internet khususnya di Indonesia sudah sangat signifikan sekali dari tahun ke tahun. Internet menjadi pilihan belanja yang lebih efisien dan efektif bagi konsumer internet Indonesia. Apalagi dengan kesibukan, kemacetan dan hal-hal lainnya yang begitu menyita waktu, belanja di internet merupakan solusi yang sangat membantu bagi mereka. Saat ini memang yang paling populer adalah belanja produk fisik misalnya fashion yang sudah sangat merajalela di pasar online. Namun, ada jenis produk yang mungkin belum banyak diketahui khalayak umum dimana produk ini akan semakin booming seiring perkembangan jaman. Ya, produk digital.
  

Lantas apa yang di maksud dengan produk digital?

Menurut uraian diatas singkatnya, produk digital merupakan suatu produk yang tidak memiliki wujud fisik namun berformat digital yang biasanya diperjual-belikan secara online termasuk pengiriman kepada pembelinya. Bentuk produk digital ini sebenarnya sudah tidak asing di telinga kita, apalagi yang kesehariannya bergelut dengan dunia internet. Contohnya adalah, software, ebook, video maupun audio yang bisa dibeli dan didownload secara online. Produk digital yang populer selain software, juga produk informasi yang biasanya berbentuk ebook dan video seperti tutorial, referensi maupun ilmu-ilmu baku lainnya.
Produk DigitalKeuntungan menjual produk digital adalah Anda tidak memerlukan biaya inventaris, bebas biaya pengiriman dan tidak ada material fisik yang perlu diatur penyimpanannya. Dengan kata lain, Anda tidak pernah kekurangan atau bahkan kehabisan stok karena membuat produk digital cukup sekali saja dan jual berkali-kali. Apalagi dengan semakin majunya teknologi, kini untuk membaca buku sebenarnya cukup dengan format PDF atau biasa disebut dengan ebook yang bisa dibuka dan dibaca melalui gadget seperti komputer, laptop, tablet bahkan smartphone sekalipun yang mana jelas akan lebih efisien dalam menghemat penggunaan maupun biaya produksi kertas yang mana bahan utamanya adalah pohon.Menghemat penggunaan kertas, berarti kita juga ikut menyelamatkan lingkungan hidup baik itu polusi, penebangan pohon, serta kelestarian hutan kita. Selain itu, produk digital juga akan menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang kedepannya seiring banyaknya masyarakat yang teredukasi mengenai manfaat dari produk digital itu sendiri baik dari segi bisnis maupun kebutuhan pribadi.

Keuntungan Mempunyai Produk Digital
Dropship EngineNah apakah Anda tahu bahwa dalam beberapa tahun ke depan diprediksi produk digital bakal menjadi komoditas bisnis yang mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan pertumbuhan teknologi internet yang kian cepat, serta munculnya perangkat digital yang semakin canggih menjadi alasan kuat mengapa produk “tak kasat mata” ini akan memiliki pasar bisnis yang sangat besar.
Pertanyaannya adalah apakah kita akan terus menjadi konsumen, atau mulai mencoba membuat karya digital kita sendiri? Dengan berbagai kemudahan dukungan #teknologi yang tersedia saat ini, nampaknya bukan perkara sulit untuk menciptakan produk digital pertama kita. Nah untuk memberi tambahan semangat, berikut ini kami ulas beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh dengan membuat produk digital milik kita sendiri.

1. Hemat Biaya Produksi
Sebagai contohnya sederhanya adalah bagi mereka yang hobi menulis dan ingin menjual hasil karyanya. Bisa dibandingkan antara produk buku yang dijual di toko dan produk file buku yang dijual secara online, tentunya akan berbeda biaya produksinya. Untuk menjual produk buku secara offline, kita membutuhkan biaya percetakan yang tidak murah. Meskipun lewat jasa publisher pun, sharing profit yang kita dapatkan otomatis telah banyak terpotong biaya produksi.
Memang tidak sepenuhnya membuat produk digital itu tidak membutuhkan biaya produksi sama sekali, namun secara umum semua produk digital membutuhkan biaya yang relative lebih kecil dibanding jika dipasarkan dalam bentuk fisik. Keuntungan lain yang masih berhubungan dengan proses produksi adalah kemudahan dalam memperbanyak produk. Tinggal copy paste dan kita sudah mendapatkan file yang bisa diunduh berkali-kali, keuntungan yang tidak dimiliki produk fisik tentunya.

2. Keuntungan Harga Tambahan
Pernah bermain game online? Mereka yang fasih main game online tentu sudah tahu tentang top up item atau item yang harus dibeli agar mendapat keuntungan lebih. Nah dalam istilah bisnis disebut juga dengan Up Selling. Up Selling merupakan biaya tambahan yang harus dibayarkan untuk mendapatkan produk tambahan yang masih berhubunngan dengan produk sebelumnya. Umumnya kita temui pada produk digital seperti game atau aplikasi mobile. Jika dapat memanfaatkan sistem Up Selling tentu produk digital kita akan menghasilkan lebih banyak pemasukan.
Selain itu produk digital juga bisa juga dilempar ke pasar dalam bentuk sistem pembayaran berjangka atau Recurring Payment. Umumnya sistem ini juga disebut dengan sistem membership. Selama menjadi anggota layanan tersebut, pelanggan diharuskan membayar sejumlah uang dalam jangka waktu yang telah ditetapkan, entah harian, bulanan atau tahunan.

3. Mudahnya Membuat Jaringan Bisnis
Keuntungan lainnya ketika kita memasarkan produk digital secara online adalah lebih mudah membangun jaringan. Seperti kita tahu dalam proses pemasaran online banyak alat untuk mengembangkan jaringan kita mulai melalui #media sosial, email, forum online hingga bantuan aplikasi messaging yang sangat beragam.
Memang benar jika pemasaran produk fisik pun juga bisa memanfaatkan media-media tersebut, namun produk digital mempunyai kelebihan karena produk tersebut nantinya akan lebih mudah didapatkan pelanggan jika dibanding produk offline yang membutuhkan proses tambahan.

4. Bantuan Marketplace Penjualan
Marketplace produk digital adalah layanan yang menjembatani penjualan produk digital yang dijual secara online. Contoh yang paling mudah adalah #Google Playstore yang menjadi Marketplace primer untuk aplikasi #Android. Disana kita bisa “memajang” karya digital kita yakni aplikasi, game ataupun buku digital alias e-book. Kelebihan yang bisa kita dapatkan adalah selain tidak perlu lagi membangun toko online sendiri, proses pembelian aplikasi pun akan diproses secara otomatis dan pemasukan juga langsung sampai pada pengembang aplikasi.Yang pasti dengan membuat produk digital milik kita sendiri kita bisa mengekspresikan diri sembari menyalurkan passion kita. Produk digital yang merupakan produk everlasting atau tidak pernah habis pun bisa menjadi “peninggalan” kita yang dapat dinikmati tidak hanya beberapa tahun namun hingga turun temurun. Yuk mulai membuat produk digital!


Saat ini sudah hadir sebuah marketplace produk digital di Indonesia yang bernama Ratakan.com yang memfasilitasi pengguna internet yang ingin menyalurkan bakat menulis yang ingin dikomersialkan dan dipublikasikan untuk memberikan manfaat kepada yang membutuhkannya dalam bentuk produk digital informasi yang biasa disebut dengan vendor atau digital content creator. Tidak hanya itu saja, di marketplace tersebut juga terdapat komunitas pemasaran digital yang akan membantu memperkenalkan karya digital Anda kepada publik atau dikenal dengan affiliate network sehingga ini menjadi win-win solution efektif, efisien, aman dan terpercaya baik bagi vendor, affiliate maupun para konsumer produk digital. Dengan kata lain, dengan hadirnya sebuah marketplace untuk jual beli produk digital ini, kita akan membantu perkembangan bisnis internet yang lebih positif di tengah-tengah banyaknya pandangan skeptis masyarakat saat ini yang memandang bisnis internet lebih banyak porsi negatifnya.

Berikut Daftar Kumpulan Produk Digital Internet Marketing Terbaru
Silahkan Anda klick untuk melihat produk digital lebih detailnya di sumbernya secara langsung:


Demikianlah sedikit penjelasan mengenai apa itu produk digital internet marketing, dan media-media yang bisa dimanfaatkan untuk pemasaran online. Memang ada banyak cara untuk melakukan internet marketing, namun kita tidak perlu melakukan semuanya karena tidak semua metode pemasaran bisa berhasil kita kerjakan. Karena itu, pilihlah beberapa saja yang memang efektif dan cocok untuk make money online atau memasarkan produk/ jasa yang ingin dipromosikan. Terimakasih sudah membaca artikel saya, semoga ini bisa sedikit membantu

Referensi Website Produk Digital Marketing:
Previous
Next Post »